Nutrisi sebagai sumber pasokan air dan mineral nutrisi merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan kualitas hasil tanaman hidroponik, ...

Harga Nutrisi Hidroponik

Unknown 2 Comments


Nutrisi sebagai sumber pasokan air dan mineral nutrisi merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan kualitas hasil tanaman hidroponik, sehingga harus tepat dari segi jumlah komposisi ion nutrisi dan suhu. Larutan nutrisi ini dibagi dua, yaitu unsur makro (C, H, O, N, S, P, K, Ca, dan Mg) dan unsur mikro (B, Cl, Cu, Fe, Mn, Mo dan Zn). Pada umumnya kualitas larutan nutrisi ini diketahui dengan mengukur electrical conductivity larutan tersebut.


Dalam pembuatan pupuk hidroponik, baik untuk sayuran daun, batang dan daun, bunga serta buah, dibuat dua macam pekatan A dan B. Kedua pekatan tersebut baru dicampur saat akan digunakan. Pekatan A dan B tidak dapat dicampur karena bila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion sulfat dalam pekatan B akan terjadi endapan kalsium sulfat sehingga unsure Ca dan S tidak dapat diserap oleh akar. Tanaman pun menunjukkan gajala defisiensi Ca dan S. Begitu pula bila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion fosfat dalam pekatan B akan terjadi endapan ferri fosfat sehingga unsur Ca dan Fe tidak dapat diserap oleh akar.


AB Mix adalah istilah yg digunakan dalam budidaya Hidroponik untuk memisahkan pupuk/nutrisi stok A dan stok B. Nutrisi/pupuk Hidroponik lazim Di stok dalam bentuk padatan yg dilarutkan pada konsentrasi formulasi tinggi (baca: PPM tinggi). Pada cairan / larutan KF tinggi ada beberapa unsur yg akan bereaksi penggaraman dan penggumpalan makanya perlu dipisahkan dalam stok yg berbeda.


harga nutrisi hidroponik
Pupuk/Nutrisi AB Mix

Pupuk/Nutrisi AB Mix.


------------------------------------------------------

Sangat bagus untuk budi daya secara hidroponik, budi daya dalam pot dan pembibitan.

Untuk tanaman:

- Cabai
- Paprika
- Tomat
- Mentimun
- Terong
- Sayuran buah lain
- Sayuran daun
- Tanaman hias daun
- Tanaman hias bunga

Keunggulan:

- Mengandung unsur hara makro (N, P, K, Ca, Mg dan S) dan unsur hara mikro (Fe, Mn, Bo, Zn, Cu dan Mo) yang lengkap sesuai kebutuhan tanaman.
- Mudah diserap tanaman.
- Mudah memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tanaman
- Bahan-bahan 100% larut dalam air
- Tidak menyumbat sistem irigasi tetes.

Pembuatan larutan stok:

- Larutkan 200 g (1 plastik) nutrisi A dalam 1 L air, sebagai larutan stok A.
- Larutkan 200 g (1 plastik) nutrisi B dalam 1 L air, sebagai larutan stok B.

Pemakaian:

- Ambil 5 ml larutan stok A dan 5 ml stok B, tambahkan menjadi 1 L air.
- Untuk tanaman dalam pot: siramkan sebanyak 250 ml/tanaman, dua kali seminggu.
- Untuk pembibitan: siramkan ke pembibitan setiap minggu.
- Untuk hidroponik: langsung digunakan untuk hidroponik.

2 komentar: